RSS

10 Gunung Tertinggi di Dunia

04 Feb

Kali ini saya akan memposting daftar 10 gunung tertinggi di dunia. Pasti anda tau apa itu gunung kan…? Saya yakin pasti semuanya tau. Tapi saya juga akan memberi tau anda tentang definisi gunung sebelum kita melihat daftar 10 gunung tertinggi di dunia.

Definisi ttg gunung:

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit. Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik atau gerakan epeirogenik. Menurut KBBI, definisi gunung adalah “bukit yg sangat besar dan tinggi (biasanya tingginya lebih dari 600 m)”.

Udah tau kan tentang definisi gunung sekarang kita akan melihat daftar 10 gunung tertinggi di dunia. Berikut adalah 10 gunung tertinggi di dunia  mulai dari no 10 di dunia…

1. Gunung Annapurna


Gunung ini merupakan gunung tertinggi ke-10 dunia yang mempunyai ketinggian sekitar 8.091 meter (26.545 kaki) diatas permukaan laut dan terletak di Central Nepal. Annapurna berasal dari bahasa sansekerta yang mempunyai arti “full of food” atau juga disebut Goddess of the Harvests atau Dewa panen. Pendakian pertama dilakukan oleh Maurice Herzog and Louis Lachenal pada tahun 1950.

2. Gunung Nanga Parbat

Nanga Parbat merupakan sebuah gunung di Pakistan. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 8.126 m (26.660 kaki) diatas permukaan laut dan merupakan gunung tertertinggi ke-9 di dunia. Dalam tingkat kesulitan, medan gunung Nanga Parbat disebut sama beratnya dengan K2. Sulitnya medan pada gunung ini membuat ia mendapat julukan “The Man Eater”. Orang pertama yang mendaki di gunung ini ialah Hermann Buhl pada 3 Juli 1953.

3. Gunung Manaslu

Manaslu disebut juga sebagai Kutang adalah gunung tertinggi ke-8 di dunia yang mempunyai ketinggian sekitar 8.163 meter (26.781 kaki) diatas permukaan laut, terletak di Mansiri Himal, bagian dari pegunungan Himalaya, Nepal. Kata Manaslu berasal dari kata bahasa Sansekerta, Manasa dan diterjemahkan sebagai “Gunung Jiwa”. Manaslu adalah puncak tertinggi di Gurkha dan terletak sekitar empat puluh mil sebelah timur Annapurna, gunung tertinggi ke-10. Gunung ini pertama kali didaki oleh Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu, anggota ekspedisi Jepang pada 9 Mei 1956.

4.  Gunung Dhaulagiri

Gunung tertinggi ke-7 dunia ini mempunyai ketinggian sekitar 8.167 meter (26.795 kaki) diatas permukaan laut yang terletak di Dhawalagiri, Nepal. Pertama didaki oleh team dari Swiss/ Austrian pada 13 Mei 1960.

5. Gunung Cho Oyu


Gunung tertinggi ke-6 dunia ini mempunyai ketinggian sekitar 8.188 meter (26.864 kaki) diatas permukaan laut yang terletak diantara Nepal dan China atau lebih tepatnya di Tibet. Pendakian pertama dilakukan oleh Herbert Tichy, Joseph Jöchler and Sherpa Pasang Dawa Lama pada 19 Oktober 1954.

6. Gunung Makalu


Gunung Makalu yang merupakan gunung tertinggi ke-5 di dunia ini mempunyai ketinggian sekitar 8.485 meter (27.838 kaki) di atas permukaan laut yang terletak di antara Nepal dan Cina atau lebih tepatnya di Tibet sama seperti Gunung Cho Oyu. Pendakian pertama dilakukan oleh Lionel Terray dan Jean Couzy pada 15 Mei 1955.

7. Gunung Lhotse

Lhotse merupakan sebuah gunung di Nepal dan RRC. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 8.516 m (27.940 kaki) dari permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi ke-4 di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest. Orang yang pertama kali mendaki di gunung tersebut ialah Fritz Luschinger dan Ernst Reiss pada 18 Mei 1956.

8. Gunung Kangchenjunga

Kangchenjunga adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia dengan ketinggian sekitar 8.586 meter (28.169 kaki) dari permukaan laut. Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Kangchenjunga berarti “Lima Harta Karun Salju, karena ia terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci. Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa Limbu dan disucikan dalam tradisi agama Kirant. Tiga dari 5 puncaknya (utama, tengah, dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada di Distrik Taplejung. Selain itu wilayah ini juga dijadikan Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife Fund, yang melindungi satwa Panda Merah, burung, dan tanaman khas Nepal. Bagian India juga memiliki wilayah yang dilindungi dalam Taman Nasional Khangchendzonga. Orang yang pertama kali mendaki di gunung tersebut adalah Joe Brown dan George Band dari Inggris pada 25 Mei 1955.

9. Gunung Godwin Austen atau K2

K2 adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia. Terletak di bagian Karakoram dari Himalaya antara Pakistan dan Republik Rakyat Cina merupakan pegunungan nasional di Pakistan. Tinggi peguungan ini mencapai sekitar 8,611 meter (28,251 kaki) dari permukaan laut. Konon, pegunungan ini lebih sulit didaki daripada Gunung Everest karena cuacanya yang buruk. K2 juga lebih tinggi di daerah sekitarnya bila dibandingkan ke Everest. K2 dijuluki “Pegunungan Kejam” karena pada tahun 2004, hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendakinya. Nama tak resmi untuk K2 ialah Gunung Godwin Austen, dinamai dari nama orang yang pertama kali memanjatnya. Selain itu pegunungan ini juga dinamai Qogir (diturukan dari Chogori), Lamba Pahar, Dapsang, Kechu, Ketu, dll.

10. Gunung Everest

Akhirnya sampailah kita ke gunung yang mendapat tempat pertama gunung tertinggi di dunia. Tanpa panjang lebar lagi ayo kita lihat sama-sama gambar dan karakteristik dan letak geografis serta sejarahnya…

Gunung Everest dalam bahasa Inggris “Mount Everest” adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha (सगरमाथा, bahasa Sansekerta untuk “Dahi Langit”) dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma (“Bunda Semesta”), dilafalkan dalam bahasa Tionghoa 珠穆朗瑪峰 (pinyin: Zhūmùlǎngmǎ Fēng).

Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia.
Ukuran

Radhanath Sikdar, juru ukur dan pakar matematika dari Bengal, merupakan orang pertama yang menyatakan Puncak Everest sebagai puncak tertinggi melalui perhitungan trigonometrik pada 1852. Perhitungan ini dilakukan menggunakan teodolit dari jarak 150 mil jauhnya di India. Sebagian rakyat India percaya bahwa puncak tersebut semestinya dinamakan menurut Sikdar, bukan Everest.

Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 meter (29.028 kaki).  Walaupun terdapat variasi dari segi ukuran (baik pemerintah Nepal maupun Cina belum mengesahkan ukuran ini secara resmi, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 meter oleh mereka). Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 meter, tetapi dinyatakan sebagai 8.840 meter (29.002 kaki). Tambahan 0,6 m (2 kaki) menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan. Perkiraan umum yang digunakan pada saat ini adalah 8.850 meter yang diperoleh melalui bacaan Sistem Posisi Global (GPS). Gunung Himalaya masih terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik kawasan tersebut.

Gunung Everest adalah gunung yang puncaknya mencapai jarak paling jauh dari paras laut. Dua gunung lain yang kadangkala juga disebut sebagai “gunung tertinggi di dunia” adalah Mauna Loa di Hawaii, yang tertinggi jika diukur dari dasarnya pada dasar tengah laut, tetapi hanya mencapai ketinggian 4.170 m atas paras laut dan Gunung Chimborazo di Ekuador, yang puncaknya 2.150 m lebih tinggi dari pusat bumi dibandingkan Gunung Everest , karena Bumi mengembung di kawasan katulistiwa. Bagaimanapun juga, Chimborazo hanya mencapai ketinggian 6.272 m di atas paras laut, sehingga bahkan bukan merupakan puncak tertinggi di Andes.

Dasar terdalam di lautan lebih dalam dibandingkan ketinggian Everest: Challenger Deep, terletak di Palung Mariana, begitu dalam hingga seandainya gunung Himalaya diletakkan di dalamnya, masih terdapat hampir 1,6 km air menutupinya.

Wah, ternyata Nepal yang paling banyak gunung tertingginya di dunia. Sayangnya Indonesia gak masuk, tapi gak apa2 kan Indonesia mempunyai gunung berapi yang paling banyak aktif di dunia… hehehehe

Sekian dulu…

Semoga bermanfaat 😉

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on February 4, 2011 in 10 Great Things, Pengetahuan Umum

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: